Jumat, 01 Juli 2011

Bengkel-bengkel otista

MotoBike - Untuk wilayah Jakarta Timur, Jalan Otto Iskandardinata (Otista) telah menjadi surga yang bisa memanjakkan Scooteriz dalam mencari aksesoris hingga modifikasi. Kawasan Otista dihuni pula oleh toko serta bengkel Vespa, alhasil Otista kerap jadi rujukan pembesut Vespa.

Akses parkir kawasan Otista pun cukup mudah, tinggal taruh besutan di depan toko yang dituju. Nah jika bingung mencara nama tokonya, petugas parkir siap membantu. Pokoknya enggak pake ribet dan besutan bisa diparkir dengan aman. Oiya, untuk biaya parkir cukup merogoh kocek Rp 2000 saja.

Deratan toko aksesoris dan hiruk pikuk konsumen, terdapat pula mekanik freelance yang bisa diperbantukan untuk memasang komponen. Umumnya mekanik freelance ini berpindah-pindah dari toko demi toko, artinya tergantung orderan. Soal ongkos jasanya dimulai dari Rp 5000 hingga Rp 400 ribu, tergantung bobot pekerjaannya.

Sebagai panduan, berikut akan diabsen sejumlah toko dan bengkel di Otista yang kerap dirujuk Scooteriz. Oiya tidak lupa juga, tempat makan favorit yang pastinya enak dan harganya masih rasional. Tak heran jika Otista dianggap sebagai surganya roda dua di timur Jakarta. Yuks kita kemon!

Toko Aksesoris
Auto Jaya Motor
Alamat: Jl. Otista, No. 39 A, Jaktim. Telp: (021) 70977168.

Toko aksesoris dan part racing yang berdiri sejak tahun 2003 ini kerap jadi rujukan untuk mencari komponen pendongkrak fashion juga performa. “Komponen pengganti kaki-kaki, bodi kit dan pernak-pernik tersedia disini. Produk yang dijual 70 persen berasal dari Thailand,” bilang Didi, karyawan Glory Motor yang bertugas dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore.

Tidak hanya jualan aksesoris saja, Auto Jaya Motor juga menerima orderan modifikasi. Yakni dengan menyediakan paket modifikasi skutik bobber senilai Rp 8 juta. “Paketan tersebut meliputi pelek 3,5 inci (depan) dan 5,5 inci (belakang), bodi set airbrush, knalpot, cakram plus kaliper, sepasang ban, upgrade jeroan CVT, juga bonus sok belakang tabung,” rinci Didi seraya bilang waktu pengerjaan cukup memakan waktu 1 hari kerja.

Auto Jaya Motor buka setiap hari, bahkan tanggal merah sekalipun. “Untuk pembelian secara grosir tentu akan dikenakan diskon. Tapi untuk pembelian satuan juga berselisih lebih murah ketimbang toko lain,” bisik bujang yang asli Tangerang ini.


Griya Motor
Alamat: Jl. Otista Raya, No. 33 B, Jaktim. Telp: 021-91746460

Walau tidak memfokuskan diri jualan part aksesoris buat skutik, namun Griya Motor punya koleksi yang cukup komplit. Yakni beragam komponen buat mendongkrak fashion, racing hingga apparel.

“Paling marak dicari adalah part racing dan pernak-pernik skutik. Griya Motor buka setiap hari dari jam 7.30 hingga jam 18.00 dan hari libur tetap buka,” ujar Joe Nanda, selaku pramuniaga Griya Motor.

Untuk menjaring konsumen, Griya Motor juga menyediakan paket modifikasi low rider. “Paketan modif low rider senilai Rp 3 juta yang berisi pelek, ban, undur-undur, knalpot, sok belakang, sepatbor dan bonus peninggi monosok belakang,” sebut Joe panjang lebar.

New Gaya Motor
Alamat: Jl. Otista Raya, No. 47, Jaktim. Telp: 021-8510717

Soal kelengkapan barang dagangan, New Gaya Motor (NGM) terbilang paling komplit. Mulai dari aksesoris fashion, racing part, apparel, hingga komponen buat Vespa. Yups maklum saja, NGM mangkal di Otista sejak tahun 90-an. “Sebagian besar barang dagangan NGM adalah part racing hingga 70 persen dari dagangan keseluruhan,” ungkap Solihin alias Ateng pegawai NGM yang telah bekerja selama 12 tahun.

NGM juga dikenal sebagai toko grosir, sehingga kerap disambangi pedagang eceran. “Oleh karena itu, harga jual di NGM lebih murah ketimbang toko lain. Selisih harga jual antara 10 persen hingga 30 persen lebih murah,” kata Ateng yang jaga dari pukul 08.00 hingga 17.00 ini.

Piranti kaki-kaki juga tersedia lengkap. Tak terkecuali untuk komponen Vespa. “Semua merk ban tersedia, lokal maupun import dan harganya berselisih lebih murah 10 persen. Sedangkan untuk Vespa, tersedia part fast moving untuk semua jenis Vespa,” terang Ateng lagi.

Timur Jaya Motor
Alamat: Jl. Otista Raya, No. 9, Jaktim. Telp: 021-8510605

Berlokasi di ujung dekat terminal Kampung Melayu, Timur Jaya Motor (TMJ) dikenal sebagai agen dari sejumlah part racing. “TMJ merupakan agen atau distributor resmi dari merk YSS, Nobi, Kitaco, R9, TDR dan Carlberg Helmet,” ucap Nicholas C. Fam, owner TJM yang membuka gerainya setiap hari dari jam 08.30 sampai 18.00.

Selaku distributor resmi dari merk-merk tersebut, maka harga jual komponen lebih murah. “Untuk harga jual eceran, berselisih 10 persen sampai 20 persen lebih murah. Sedangkan harga jual grosir berselisih 5 persen hingga 7 persen lebih murah,” urai pria ramah dan murah senyum ini.

Nah di TJM kini marak diserbu lampu HID, terbukti atas pesanan user yang tidak ada habisnya. “Lampu HID laris diburu saat ini. Tersedia lampu HID berlabel Vinyx 6000 kelvin seharga Rp 250 ribu dan merek Ollo 8000 kelvin dibanderol Rp 425 ribu,” bilang Nicholas merinci.

Gaya Motor Baru
Alamat: Jl. Otista Raya, No. 50,Jaktim. Telp: 021-91694848

Gaya Motor Baru (GMB) merupakan toko khusus buat Vespa. Jualannya mulai dari sparepart fast moving, aksesoris orisinil hingga part racing. “Part yang dijual di import langsung dari Italia dan diorder dari distributor resmi Vespa di dalam negeri,” jelas Andrian Tansil, bos GMB yang buka toko dari tahun 2005.

Aksesoris dan part orisinil kerap diburu untuk merestorasi maupun modifikasi Vespa. “Untuk aksesoris orisinil diantaranya merek Cupini, yaitu spion, crash bar, karpet bordes, list botol. Tersedia juga lampu-lampu orisinil Vespa, speedometer digital buat Vespa Super seharga Rp 1,7 juta dan ragam ban racing,” lanjut sobat akrab disapa Andre, seraya bilang bakal mengusahakan semua kebutuhan Vespa.

Tanpa terkecuali part pendongkrak performa, yakni paket bore up 177 cc. “Bore up kit 177 cc berlebel Pinasco terdiri dari piston 63 mm, silinder head dan pen kit,” beber Andre yang buka lapak setiap hari dari pukul 08.30 hingga 17.00.

Toko Kimia
Anugrah Kimia
Alamat: Jl. Otista Raya, No. 34 A, Jaktim. Telp: 021-8509945

Buat Motobikers yang gemar meracik adonan fiberglass, tinggal sambangi toko Anugrah Kimia (AK). Di toko yang berdiri dari tahun 2009 ini menyediakan bahan baku fiberglass. “Kualitasnya dijamin, enggak dioplos dan tida tidak dikurangi takarannya,” tegas Rudy, selaku pemilik AK.

Bengkel Modifikasi
Galuh Jaya Motor
Alamat: Jl. Pedati, No. 8, Otista, Jaktim. Telp: 082113871011

Ingin mendongkrak tongkrongan skutik kesayangan di kawasan Otista bisa merujuk ke Galuh Jaya Motor (GJM). Lokasi persisnya masuk 500 meter ke jalan Pedati. Bengkel GJM siap melayani ubahan kaki-kaki, yakni rombakan berkonsep bobber maupun low rider,” ucap Abdul Hamid, bos GJM yang asli Ciamis Jabar ini.

Rekayasa atau customized juga dilakoni oleh GJM, yakni dengan membuat rem cakram depan dan belakang skutik. “Selain itu, tersedia pula mesin untuk belah pelek mobil. Untuk biaya bikin cakram dihargai Rp 1,5 juta, sedangkan untuk belah pelek Rp 800 ribu. Oiya limbah moge juga ready stock,” sambung Hamid yang praktek tiap hari, kecuali hari Jumat.

Batavia Motor Custom
Alamat: Jl. Yahya, No. 6, Otista, Jaktim. Telp: 087888252856

Modifikasi bodi adalah keahlian dari Batavia Motor Custom (BMC) yang menggunakan fiberglass sebagai bahan baku utamanya. “Konsep modifikasi apapun bisa digarap. BMC juga akan menggarap bodi kit plug n play buat skutik, harganya dibanderol antara Rp 350 ribu hingga Rp 400 ribu-an,” tukas H. Purnama Ibrahim yang ringkas disapa Bang Aji, founder BMC.

Enggak cuma menerima orderan skutik saja, BMC juga siap merombak Vespa. “Iya kebetulan di BMC ada divisi khusus Vespa, mulai dari restorasi, modif trike hingga modif sespan. Biayanya cengli alias bisa dinego,” bilang Agus Susilo alias Elo yang kebagian mandat menangani divisi Vespa di BMC.

Tempat Makan dan Minum
Timus Ria
Jl. Pedati, Otista, Jaktim

Nama Timus Ria merupakan singkatan dari ‘tikungan mushola rodhatul fallah’. Tempat makan dan minum bergaya kedai ini, menyediakan aneka makanan dan minuman. Asiknya harga cukup rasional dengan menu yang disajikan, alias murah dan enak. “Untuk seporsi gado-gado nasi Rp 8 ribu, soto betawi Rp 15 ribu sop iga sapi Rp 18 ribu, asinan Rp 9 ribu, nasi ulam juga nasi kuning Rp 4 ribu, aneka kue basah Rp 1000 – Rp 2000,” rinci Rahmawati yang akrab disapa Kaka.

Kedai Timus Ria ini pun menjadi rujukan para pengusaha dan karyawan toko di bilangan Otista. Soal tempat terbilang nyaman dan tertutup, artinya jauh dari debu dan asap knalpot. “Iya walau sederhana, tapi cukup nyaman. Akses dari Jl. Otista pun cukup dekat, Scooteriz tinggal masuk 400 meter ke Jl. Pedati,” sambung kaka yang masih single ini.



credit to exterminatian n moto bike