Minggu, 26 Juni 2011

Pertolongan Pertama Motor Kerendem Air [Tips]

hal pertama, coba pinggirkan motor di tempat yang aman. kemudian lepas kepala busi dari dudukan di kepala silinder. lalu bersihkan elektrodenya terhadap kotoran. lalu tutup luang busi (busi dalam keadaan di lepas) dengan kain kering dan kick stater motor beberapa kali. tujuannya agar air maupun embun air yang terdapat di dalam ruang bakar dapat terhempas keluar. jika sudah tidak ada air yan gmental dari ruang bakar rakit kembali busi seperti semula.

hal kedua, adalah mengecek apakah knalpot kemasukan air atau tidak. caranya coba miringkan motor ke melakang (motor dalam keadaan di standar tengah atau dua) dengan menekan bagian jok atau behel. sasarannya agar lubang pelepasan gas jadi lebih rendah dari leher knalpot., sehingga jiha ada air yang masuk ke dalam knalpot, air akan terbuang ke luar. Namun bila ujung pembuangan knalpot masih lebih rendah daru leher knalpot, ganjal standar tengah pake balok kayu atau pakai batu yang rata. oiya lazimnya sih kalo di knalpot 4 tak ada lubang pembuangannya. tapi kalo di knalpot 2 tak jangan harap ketemu lubang pembuangan. oiya kalo knalpot 4 tak yang racing juga rata-rata sih gak ada juga sih lubang pembuangan. jadi ya coba dulu di cek kondisi knalpot masihng-masing.

hal ketiga, atau yang terakhir adalah buang bahan bakar yang ada di dalam mangkok karburator. caranya putar ke kiri lbaut pembuangan yang terdapat pada bagian bawah / mangkuk karburator. maka bensin yang ada di dalam mangkok karburator akan mengalir keluar lewat slang pembuangan. namun sebelumnya jangan lupa menutup keran bensin dulu. jika tidak ada lagi bensin keliar, putar kembali baut pembuangan ke kanan, kebudian buka pula keran bensinnya…

nah abis itu coba deh di idupin motornya. pasti lagnsung greeengg…!!
tapi kalo tetep gak idup, silahken tuntun motor ke bengkel terdekat ya..
kalo udah terlanjur, coba di servis aja gan. ganti oli, cek karbu, cek busi..
atau kalo di beres (bengkel resmi) namanya servis ringan (tanpa stel klep)..
murah kok gan

credit to : batik.luntur