Minggu, 26 Juni 2011

TIPS Gas nyangkut

Bagi pemilik Honda 125 series(karisma,supra x 125,kirana) lama tentunya sudah ada yang pernah mengalami gas manjer/gantung/rpm tidak mau turun.Hal ini tentunya membuat pengendara tidak nyaman bahkan membahayakan.Apabila pernah mengalami tidak ada salahnya bila cek beberapa komponen terkait.

1. kabel gasPart yang pertama kali kita cek tentunya kabel gas,karena ini berhubungan langsung dengan karburator.Pastikan kabel gas tidak seret.apa bila sudah seret atau bahkan cenderung macet berilah pelumasan menggunakan oli baru.Apabila sudah dilumasi ternyata masih cenderung seret maka harus ganti kabel gas.

2.Per skepPeriksa apakah per skep masih normal kelenturanya.

3.Grip gasAda kalanya grip gas terasa seret karena terganjal kotoran. Bersihkan pipa steering apabila terjadi penumpukan kotoran dengan amplas.Lumasi pipa steering sebelum grip gas dipasang.

4.throtle valveApabila ketiga part terkait diatas sudah dipastikan dalam kondisi baik tetapi gas masih terasa gantung silakan cek throtle valve/skep. Biasanya untuk motor yang sudah lama sering terjadi keausan di lapisan badan throtle.Hal ini mengakibatkan udara menerobos masuk melalui sela sela throtle valve dengan dinding rumah throtle sehingga AFR berubah.




credit to satriasn n otomotif.net