Minggu, 26 Juni 2011

TIPS Meningkatkan Akselerasi (Harian)

Buat Yang nyubi ... ato yg pura2 nyubi
berhubung seringnya pengulangan pertanyaan "HSX/NSX ane enaknya diapain yah biar tarikan lumayan tp gak terlalu boros .... bla..bla...bla" yg intinya akselerasi (*lumayan) enteng ... bensin gak boros ...
Berdasarkan :
- Hasil pengumpulan data dari apa yg biasa di lakuken ngehe'ers dimarih
- Hasil interview (PM) ke beberapa Ngehe'ers yg dianggap sebagai Dr. Specialist dan atau berkompeten
dibidangnya
- Hasil praktek (*walopun saiyah pribadi ndak mempraktekan semuanya ) beberapa ngehe'ers dimarih
Berikut ini ... hal dan hil yg biasanya dilakuken untuk menaikan akselerasi HSX/NSX 125

1. Penggantian Gear (*Ratio standard 14-35)
Ada beberapa macam ratio final gear yg bisa diaplikasiken, ini beberapa yang si saiyah pernah coba
- Penggantian Final Gear dengan ratio 14-36 (*standard Supra Fit) ... rante musti di potong 2 mata
GearSet Supra Fit
Harga : IDR124000 (*klo gak salah inget )
- Penggantian Final Gear dengan ratio 14-37 (*standard Blade/ aftermarket)
khusus gear blade, tebus gearnya aja yak (depan-belakang) ... klo rantenya cari yg aftermarket ...
merk TK juga recommend ... ukuran rantenya 420 - panjang 104
buat yg aftermarket merk TK jg banyak varian rationya 14-37 pastinya ada
Gear Blade + Rante TK
Harga :
Gear Depan Blade (14) = IDR35000
Gear Belakang Blade (37) = IDR65000 - IDR80000 (*lupa pastinya )
Rante TK = IDR62500
Gear Depan TK (14) = IDR35000
Gear Belakang TK (37) = Lupa
Note : pergantian ratio gear belakang dari standard ke yg lebih tinggi ... akan mengorbanken top speed ...
(*pan katanya nyari akselerasi ) ... cucok buat dikondisi yg muacret n bertipikal Stop & Go

2. Penggantian Coil
kalau kantong masih basah ... bisa tuh ... agak dikeringin buat ganti coil ... macem2 merk coil ... ngehe'ers dimarih klo gak salah pake coil XP (160K)/ protec (240K)/ YZ 125 (375K) (*harga sewaktu2 bisa berubah tanpa info2 lagi)

3. Penggantian CDI (*khusus yg berkarbu)
Eh, kantong masih basah juga???? tebus dah tuh CDI Resing ... merk macem2 ... ada BRT ... ada
Rextor ... mau yg adjustable ada .... mau yang programmable ada .... adddaaaaa ajah ...
buat harian mah cukup yg adjustable sahaja leeeeeee

4. Tambahan Dari Dr. bill168
klu kantung masih basahhhhh lanjutttttt......
- ganti senalput yg free flow (bobokan)
- Naikin PJ (tergantung spec mesin klu mesin ga bore up ganti PJ 40 saia kira cukup )
- Porting & Polish In / Ex
- Papas Head (buat naikin kompresi biar makin nendang) atau klu ga mau papas dilepas aja
gasketnya omss truss tinggal di sealent anti panas
- Ganti Noken As Racing (rumornya komponen satu ini yg paling signifikan mendongkrak si aksel)
- Bore Up (naikin CC)

5. Tambahan Dari Dr. Arie7487
Nambahin lagi deh...
Masih kurang juga? Diatas sih udah termasuk tuning buat harian...
Kalo mau lebih lagi & punya dana lebih juga, mesin bisa diutak-atik...

6. Papas blok head sekitar 0,8 mm
ini termasuk masih ukuran aman...
Gunanya? Buat menaikkan kompresi di ruang bakar...
Bisa diikuti dengan menghaluskan kulit jeruk di dalam ruang bakar... & membesarkan aliran in & out (biasa dikenal porting & polish)...

7. Bisa ganti ukuran seher jadi oversize 50 untuk awal...
Karena merek piston dari pabrikan biasanya hanya sampai oversize 100...
Teorinya, kalo ternyata oversize kita udah 100, maka kita harus ganti blok piston...
Kalo mau lebih, merek2 aftermarket juga menyediakan buat oversize diatas 100..
Atau kanibal dari piston merek motor lain, biasanya dari kawak kaze...
Tentunya diikuti sama pembesaran boring seher...

8. Karena kompresi semakin padat & piston semakin besar ukurannya...
Biar pembakaran sempurna, bisa diikuti dengan membesarkan ukuran klep...
Bisa pakai klep punya shogun lama atau punya sonic...
Per klep juga bisa pake merek2 aftermarket buat racing...
Moga2 bisa menjawab pertanyaan, "supra x 125 gw pengen lebih kenceng nih, gimana yah caranya?"
Kalo cara2 diatas tadi masih kurang juga, "Ganti CBR 1000 aje, om!!"
klu mshh kurang dan kantong mash basahhhhh lanjuttttt...

9. Tambahan Dari Dr. cherrycola
penggantian pilot jet PJ
untuk para ngehe'ers yang karbunya masih standar boleh tuh mengganti Pilot Jet standar (ukuran 35) ke Pilot
Jet Supra X 100/Grand Keihin Ori (ukuran 38) jikalau dapet settingan yang pas, pasti maknyus larinya..

NOTE : Perubahan MJ & PJ Konsumsi BBM bakalan lebih boros !!!!

10.  per kopling, kampas kopling
apabila pengapian udah gede, otomatis bensin akan mudah terbakar dan tenaga motor akan meningkat..
biar tenaga yang ada ngga terbuang percuma, sektor kopling bisa diutak atik biar tenaga makin maknyus dan
spontan..
untuk per kopling mereknya udh banyak dari TDR, CLD, BRT, Inspiro, DLL..
tinggal dipilih aja sesuai dengan kemauan sahaja..
per kopling sudah, kampas kopling juga bisa diganti..
merk pun banyak mulai dari TDR, CLD, BRT, dll..
kalau memang masih dirasa kurang, pake kopling manual juga boleh..

11. Tambahan Dari Dr. omheey
mau nambahin untuk per dan kampas kopling..
tiap2 merek per kopling itu beda2 ulirnya n ketebalannya.., contoh per BRT n R9, untuk yang pengen halus bisa pilih BRT tp kalo yang sentakannya doyan yang kenceng ya R9/CLD
kampas pun begitu, ada beda-beda pilihan bahan.., yang sering dijumpai memang yang kompetisi punya yang
berbahan sinter, tp ada juga yang berbahan kevlar...
cuman overall mending pake kampas n per ori aja.., kalo mo enak ya dimanualin aja, soalnya rata2 brg fast moving macam kampas n per kopling itu aftermarket biasanya memang untuk keperluan balap, jadi ketahanannya ya lebih cepet dari yang ori..
--------------------------------------------------------------------------
NOTE : bukan jualan bukan promosi ... biar ga pada tanya merk apa yg bagus ... haganya berapa

salam,
Ngehe Lu Pade !!!

credit to suhu-suhu ngehe