Pelampung tangki bekerja berdasarkan resistor geser yang akan memberikan sinyal,mengatur besar kecilnya arus ke indikator speedometer.
Jika motor sudah cukup lama dipakai biasanya mengalami kerusakan di seputaran resistor gesernya.


bongkar yuk...............
Terlebih dahulu kita lepas pelampung dari tangki dengan cara melepas pengunci memakai tang.jangan lupa lepas dahulu conector kabel di body sebelah kanan.


Setelah fuel unit terlepas,kita bongkar dengan terlebih dahulu melepas penguncinya menggunakan obeng (-) kecil.Perlu berhati hati karena dimungkinkan pengunci bisa hilang jika dicongkel terlalu keras.



Setelah fuel unit dibongkar bersihkan permukaan resistor geser menggunakan amplas bekas yang paling halus.Bersihkan dengan hati hati,jangan menggunakan amplas yang kasar karena justru akan merusak permukaan resistor geser tersebut.



Selanjutnya kita cek bilah geser di bagian yang lain.Jika bilah ada yang patah maka fuel unit tersebut tidak dapat diperbaiki.Namun jika masih lengkap maka bisa diperbaiki.Bersihkan ujung ujung bilah geser dengan amplas halus.Kemudian tekuk sedikit keluar bilah tersebut agar penekanan di bidang resistor lebih kuat.Pastikan bilah bener bener rata satu sama lain.


Setelah semua dilakukan tinggal kita rakit kembali kemudian coba sistem kerja fuel unit dengan menggeser pelampung naik turun.Jika sudah sesuai tinggal kita pasang kembali ke sepeda motor.